https://1.bp.blogspot.com/-p9TGyRJMvEY/XAN9eAD8N2I/AAAAAAAAAHE/2nYSpVmEIgMGXZHoB47cJ9hXuaf2dCa1wCPcBGAYYCw/s728/BANNER%2BDONASI.jpg

KEIMANAN |1|

 

Kita akan berbicara tentang masalah-masalah yang penting bagi seorang muslim dalam keimanan, ibadah dan muamalahnya. Kita memohon kepada Alloh agar memberikan manfaat kepada kita dengannya.

Pembahasan kita sekarang adalah tentang sesuatu yang dijadikan oleh Alloh sebagai syarat diterimanya amal dan masuk surga, yaitu iman. Demikian itu sebagaimana firman Alloh ﷻ,

﴿وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ وَسَعَى لَهَا سَعْيَهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَئِكَ كَانَ سَعْيُهُمْ مَشْكُورًا﴾

“Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik.” (QS. al-Isra’: 19)

Iman adalah Perkataan dengan lisan, keyakinan dengan hati dan perbuatan dengan anggota badan. Iman bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan. Kita memohon kepada Alloh agar senantiasa menambahkan keimanan dan memperbaharuinya di dalam hati kita.

Nabi ﷺ telah menjelaskan rukun iman kepada kita dalam hadits Jibril ‘alaihissalam saat dia berkata, “Beritahukanlah kepadaku apa itu iman?”, maka Nabi ﷺ pun menjawab, “Engkau beriman kepada Alloh, malaikatNya, kitab-kitabNya, Rasul-rasulNya, hari akhirat dan takdir yang baik dan buruk dariNya.” (HR. Muslim)


📔 Disarikan dari :

عطر المجالس: دروس قصيرة فيما لا ينبغي للمسلم جهله


Posting Komentar

0 Komentar