https://1.bp.blogspot.com/-p9TGyRJMvEY/XAN9eAD8N2I/AAAAAAAAAHE/2nYSpVmEIgMGXZHoB47cJ9hXuaf2dCa1wCPcBGAYYCw/s728/BANNER%2BDONASI.jpg

MELAKSANAKAN SHOLAT SUNNAH ROWATIB | AMALAN SELEPAS BULAN ROMADHON

 


AMALAN SELEPAS BULAN ROMADHON

MELAKSANAKAN SHOLAT SUNNAH ROWATIB

Kita telah mendapatkan tarbiyah yang sangat berharga dari madrasah Romadhon. Salah satunya adalah memperbanyak ibadah sholat-sholat sunnah seperti tarowih, witir, dan tahajjud. Dan setelah Romadhon berakhir, hendaklah semangat yang telah kita peroleh dari madrasah Romadhon itu jangan ikut pergi bersama berlalunya bulan Romadhon. 

Sholat Sunnah Rowatib yaitu sholat yang dilaksanakan sebelum atau sesudah sholat fardhu.

Adapun di antara keutamaan sholat sunnah rowatib tersebut adalah:

Dari Ummu Habibah rodhiyallohu 'anha, beliau berkata, "Aku mendengar Rosulullohbersabda:

مَا مِنْ عَبْدٍ يُصَلِّى ِللهِ  كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيْضَةٍ إِلاَّ بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ, أَوْ إِلاَّ بُنِيَ لَهُ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ

"Tidak ada seorang hamba yang melaksanakan shalat karena Alloh ﷻ setiap hari sebanyak 12 rokaat selain yang fardhu, kecuali Alloh ﷻ membangun untuknya satu rumah di surga, atau melainkan dibangun untuknya satu rumah di surga" (HR. Muslim)


Sunnah-sunnah tersebut adalah 4 rakaat sebelum zhuhur dan 2 rakaat sesudahnya, 2 rakaat setelah maghrib, 2 rakaat setelah isya, dan 2 rakaat sebelum subuh, semuanya berjumlah 12 rakaat. Sunnah rowatib yang paling utama adalah dua rakaat sebelum shalat Subuh, dan sunnah rawatib ini boleh dilaksanakan di masjid dan boleh pula di rumah, dan yang lebih utama adalah di rumah, berdasarkan sabda Nabi ﷺ:

... فَصَلُّوْا أَيُّهَا النَّاسُ فِى بُيُوْتِكُمْ فَإِنَّ أَفْضَلَ الصَّلاَةِ صَلاَةُ الْمَرْءِ فِى بَيْتِهِ إِلاَّ الْمَكْتُوْبَةَ.

"Laksanakanlah shalat di rumahmu, wahai manusia, maka sesungguhnya shalat yang paling utama adalah shalat seseorang di rumahnya kecuali shalat fardhu" (Muttafaqun 'alaih)

Posting Komentar

0 Komentar