https://1.bp.blogspot.com/-p9TGyRJMvEY/XAN9eAD8N2I/AAAAAAAAAHE/2nYSpVmEIgMGXZHoB47cJ9hXuaf2dCa1wCPcBGAYYCw/s728/BANNER%2BDONASI.jpg

LIHATLAH KEBAWAH | Tips Bahagia

 

Lihatlah Kebawah 


Diantara sarana paling bermanfaat dalam tema ini adalah: mengamalkan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad ﷺ dalam sebuah hadits:

انْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ أسْفَلَ مِنْكُمْ وَلاَ تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ؛ فَهُوَ أجْدَرُ أنْ لاَ تَزْدَرُوا نِعْمَةَ الله عَلَيْكُمْ

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Jika seorang hamba selalu menjadikan pelajaran berharga ini dipelupuk matanya niscaya bagaimana pun keadanya dia mendapati dirinya jauh lebih baik daripada banyak orang dalam hal kesehatan dan rizki. Dengan sebab itu akan hilang kesedihannya dan bertambah kesenangannya sebab ternyata banyak nikmat Alloh yang diberikan kepadanya dan  tidak dirasakan semua orang. 


📚 Disarikan dari: Al-Wasaa'il Al-Mufiidah Lil Hayatissa'iidah, Hal: 9-10


📝 Ustadz Idwan Cahyana, Lc

Posting Komentar

0 Komentar