AGAR JUMATMU TAK SIA-SIA



🕌 *AGAR JUMATMU TAK SIA-SIA*

🏡🌴🌴🌴🕌🌴🌴🌴🏡

Hari Jumat merupakan hari yang sangat mulia.
Dan diantara ibadah yang wajib dihari tersebut ialah sholat jum'at bagi kaum laki-laki.

Agar ibadah jumat kita tidak sia-sia, maka mari kita perhatikan hadits berikut.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu berkata: Rosululloh ﷺ bersabda:

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ وَزِيَادَةُ ثَلاثَةِ أَيَّامٍ ، وَمَنْ مَسَّ الْحَصَى فَقَدْ لَغَا . رواه مسلم

_"Barang siapa yang berwudhu lalu memperbagus wudhunya, kemudian mendatangi jum'at, memperhatikan dan diam (mendengarkan khutbah) niscaya diampuni dosanya antara itu dan antara jumat lainnya ditambah tiga hari lagi. Dan barang siapa memegang-megang kerikil maka dia telah berbuat sia-sia." (HR. Muslim)_

Didalam hadits ini disebutkan keutamaan seorang yang mendatangi jum'at dan memperhatikan khutbah.
Nabi Muhammad Shollallohu alaihi wasallam juga menyebutkan bahwa seorang yang memegang-megang batu kerikil ketika khutbah berlangsung maka dia telah berbuat kesia-siaan.

Para ulama menjelaskan makna sia-sia didalam hadits adalah tidak mendapat pahala dari jumat yang ia kerjakan.

Ini menunjukkan begitu pentingnya mendengerkan khutbah jumat, hingga dalam hadits yang lain disebutkan bahwa seorang yang berkata kepada saudaranya "diamlah" ketika imam sedang berkhutbah maka dia telah berbuat sia-sia.

Dan penyebutan "memegang-megang batu" kerikil didalam hadits diatas adalah sebagai contoh bentuk hal yang menyibukkan dari memperhatikan khutbah.

Dan sering kita jumpai kaum muslimin pada zaman ini mereka tidak memperhatikan khutbah jum'at, sibuk berbicara dengan orang lain atau sibuk dengan gadgetnya dan lain seterusnya. Ketahuilah hal tersebut dapat merusak ibadah jumat kita dan menjadikannya tak berpahala.

📝 Abu Ali

Posting Komentar

0 Komentar