https://1.bp.blogspot.com/-p9TGyRJMvEY/XAN9eAD8N2I/AAAAAAAAAHE/2nYSpVmEIgMGXZHoB47cJ9hXuaf2dCa1wCPcBGAYYCw/s728/BANNER%2BDONASI.jpg

WASPADALAH TERHADAP DOSA


 


🍇🍇🍇🍇🍇🍇🍇

 *"BUNGA RAMPAI KEHIDUPAN (8)"* 

🔮🔮🔮🔮🔮🔮🔮


▶️ *Pangkal Dosa* 


Dosa itu ada 2 macam:

1. Meninggalkan perintah

2. Mengerjakan larangan. 


✅ Alloh menguji dengan dua dosa itu, bapaknya jin dan bapaknya manusia. 


✅ Dahulu Iblis berbuat dosa dengan tidak melaksanakan perintah Alloh untuk sujud kepada Adam. Sedangkan Adam berbuat dosa dengan mengerjakan larangan Alloh memakan sesuatu buah di Surga. 


✅ Akhirnya Adam bertaubat, dan taubatnya diterima Alloh. Sedangkan Iblis enggan bertaubat, dan mendapatkan laknat sampai hari kiamat. 


✅ Perintah Alloh itu banyak, yang terbesar adalah tauhid. Larangan Alloh juga banyak, yang terbesar adalah berbuat syirik. 


✅ Dari kisah Iblis dan Adam, bisa kita ambil pelajaran bahwa orang yang terjerumus dosa dalam bentuk _meninggalkan perintah,_ baik yang berkaitan dengan hak Alloh maupun hak makhluk sulit bertaubat. Karena dalam hatinya ada kesombongan dan keengganan menjalankan perintah tersebut. 

Sedangkan dosa _terjerumus larangan_ biasanya mudah bertaubat. Karena pada dasarnya ia mengakui bahwa itu salah, tinggal waktu dan kesempatan untuk meninggalkannya. 

Dan hidayah taufiq itu murni di tangan Alloh. 


✅ Semoga Alloh menyelamatkan kita dari dua macam dosa itu. 


📲 _(Referensi: Ad Da'u wad Dawa' oleh Ibnu Qoyyim)_


✍️ _Abu Yusuf Suharno_

🍓🍓🍓🍓🍓🍓🍓

Posting Komentar

0 Komentar