https://1.bp.blogspot.com/-p9TGyRJMvEY/XAN9eAD8N2I/AAAAAAAAAHE/2nYSpVmEIgMGXZHoB47cJ9hXuaf2dCa1wCPcBGAYYCw/s728/BANNER%2BDONASI.jpg

PERBANYAK DO'A SAPU JAGAT DI HARI TASYRIQ


 

 

Diantara amal sholih yang bisa kita kerjakan di hari-hari tasyriq (11-13 Dzulhijjah) adalah memperbanyak do'a sapu jagat. Sebagaimana firman Alloh :

فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ خَلاقٍ  (٢٠٠) وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ (٢٠١) أُولَئِكَ لَهُمْ نَصِيبٌ مِمَّا كَسَبُوا وَاللَّهُ سَرِيعُ الْحِسَابِ (٢٠٢)


200. Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah dengan menyebut nama Alloh, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membanggakan) nenek moyang kamu bahkan berdzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada yang berdoa, "Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia", dan di akhirat nanti dia tidak memperoleh bagian apa pun.


201. Dan di antara mereka ada yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari adzab neraka"


202. Mereka itulah yang memperoleh bagian dari apa yang telah mereka kerjakan; dan Alloh Mahacepat perhitungan-Nya.


Ikrimah mengatakan:
Doa berikut dianjurkan untuk dibaca pada hari tasyriq

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

*Robbanaa aatinaa fid dun yaa hasanah*
*wa fil aakhiroti hasanah*
*wa qinaa 'adzaabannaar*


_"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari adzab neraka"_

_(Lathaiful Ma’arif, Hal. 505)_

Posting Komentar

0 Komentar