https://1.bp.blogspot.com/-p9TGyRJMvEY/XAN9eAD8N2I/AAAAAAAAAHE/2nYSpVmEIgMGXZHoB47cJ9hXuaf2dCa1wCPcBGAYYCw/s728/BANNER%2BDONASI.jpg

MENSYUKURI NIKMAT NIKMAT ALLOH ﷻ | Akhlaq kepada Alloh ﷻ

 

 Akhlaq kepada Alloh ﷻ

Seorang hamba harus menunjukkan akhlaq yang mulia kepada Robbnya. Ada banyak sekali bentuk Akhlaq kepada Alloh ﷻ yang harus kita jaga dalam setiap sendi kehidupan, gerak dan perbuatan kita, diantaranya adalah sebagai berikut:


1.    MENSYUKURI NIKMAT NIKMAT ALLOH ﷻ

Hendaknya senantiasa Mensyukuri nikmat nikmat Alloh ﷻ yang telah Alloh ﷻ anugerahkan kepada kita.  Sungguh, nikmat Alloh ﷻ tak terhitung jumlahnya. Mensyukurinya dari dalam hati, lisan dan menggunakan nikmat-nikmatNya untuk berbuat ketaatan kepadaNya.


Alloh ﷻ berfirman:

فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku" (QS. Al-Baqarah : 152)

وَإِن تَعُدُّوا۟ نِعْمَةَ ٱللَّهِ لَا تُحْصُوهَآ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ

"Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Alloh, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Alloh benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (QS. An-Nahl : 18)

 
Nikmat apa saja yang kita dapatkan semuanya nya dari Alloh .


 Alloh ﷻ berfirman :

وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ ثُمَّ إِذَا مَسَّكُمُ ٱلضُّرُّ فَإِلَيْهِ تَجْـَٔرُونَ

“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Alloh-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan” (QS. An-Nahl : 53)


Orang yang mensyukuri nikmat Alloh, maka Alloh akan menambah nikmat dan Alloh ﷻ  masukkan ke dalam golongan orang-orang yang pandai bersyukur. Karena orang-orang yang bersyukur itu sedikit sekali.

ٱعْمَلُوٓا۟ ءَالَ دَاوُۥدَ شُكْرًا ۚ وَقَلِيلٌ مِّنْ عِبَادِىَ ٱلشَّكُورُ

"Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Alloh). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur" (QS. Saba' : 13)

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (QS. Ibrohim : 7)


Semoga kita selalu termasuk orang-orang yang senantiasa bersyukur.

 

Bersambung Insyaa Alloh ...

 

📔 Disarikan dari :
منهاج المسلم | أبو بكر الجزائر📜


✍️ Abu Dzikron

Posting Komentar

0 Komentar