GHOSSAQ | MINUMAN PENGHUNI NERAKA



🔥 *GHOSSAQ | MINUMAN PENGHUNI NERAKA*

🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥

_Alloh ﷻ berfirman:_
هَٰذَا فَلۡيَذُوقُوهُ حَمِيمٞ وَغَسَّاقٞ
_"Inilah (azab neraka), maka biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin," (Qs. Shod : 57)_

Ghossaq adalah cairan yang sangat dingin, tidak ada yang sanggup menyentuhnya sebab sangat dingin lagi menyakitkan.

Ibnu ‘Abbas rodhiyallohu ‘anhuma berkata,

الغساق: الزمهرير البارد الذي يحرق من برده

“Ghassaq adalah udara yang sangat dingin yang membinasakan dengan dinginnya” (Latha’if Al-Ma’arif, oleh al Hafizh Ibnu Rajab. hal. 326)




Dalam penjelasan tafsir lain dijelaskan tentang Ghossaq : Nanah adalah minuman yang berbau busuk dan amat dingin maka terkumpul untuk mereka–semoga Alloh ﷻ  melindungi kita- antara yang amat sangat panas dan air yang amat sangat dingin, agar mereka merasakan siksa dari dua sisi: yaitu suhu panas dan suhu dingin. 
Bahkan sebagian ahli tafsir menuturkan: Maksud nanah disini adalah nanah penduduk nereka dan cairan berbau busuk yang keluar dari mulut mereka, keringat dan cairan menjijikan lainnya. Bagaimana pun juga ayat ini menunjukkan bahwa mereka tidak akan merasakan selain minuman yang memutus usus-usus mereka karena saking panasnya dan membekukan hati-hati mereka karena saking dinginnya. Semoga Allohﷻ menyelamatkan kita. Apabila semua macam siksa di atas terkumpul, maka itu menjadi siksaan yang berlipat-lipat.

Semoga Alloh ﷻ melindungi kita dari pedihnya siksa neraka. Aamiin

📔 _Referensi_
📖 _Tafsir Juz 'Amma | Syaikh Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin_
📖 _Al Mishbaahul muniir fii tahdziibi Tafsir Ibni Katsiir_


Posting Komentar

0 Komentar