https://1.bp.blogspot.com/-p9TGyRJMvEY/XAN9eAD8N2I/AAAAAAAAAHE/2nYSpVmEIgMGXZHoB47cJ9hXuaf2dCa1wCPcBGAYYCw/s728/BANNER%2BDONASI.jpg

Dua Kegembiraan Bagi Yang Berpuasa


🌻 *Dua Kegembiraan Bagi Yang Berpuasa*

🌙🕌🌙🕌🌙🕌🌙🕌🌙

Dari Abu Hurairah Rodhiyallohu 'anhu berkata: Rosululloh صلى الله عليه وسلم bersabda:

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ: فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ، وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ
"Bagi orang yang berpuasa dua kegembiraan, (pertama) kegembiraan ketika berbuka dan (kedua) kegembiraan ketika berjumpa dengan Robb-nya."

Dalam riwayat yang lain:

  لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ يَفْرَحُهُمَا : إِذَا أَفْطَرَ فَرِحَ بِفِطْرِهِ , وَإِذَا لَقِيَ رَبَّهُ فَرِحَ بِصَوْمِهِ .
"Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan yang ia senang dengan keduanya: (pertama) ketika berbuka ia gembira dengan berbuka, dan (kedua) ketika berjumpa dengan Robb-nya ia bergembira dengan puasanya." (HR. Bukhari & Muslim) 

Dalam hadits diatas diterangkan bahwa seorang berpuasa akan mendapat kegembiraan dua kali:

*Pertama:* ketika berbuka. 
Yaitu ketika dilarang darinya makanan dan minuman kemudian diperbolehkan maka ini menjadi kegembiraan tersendiri, begitu jiga seorang hamba Ia bergembira karena telah menyelesaikan suatu ketaatan. 

*Kedua:* ketika berjumpa dengan Robb-nya. 
Kebahagian ini akan diperoleh seorang hamba ketika di akhirat, yaitu ketika ia memperoleh pahala dari ibadah puasa yang telah ia kerjakan. Pahala yang tak dikurang-kurangi. Pahala yang tersimpan, yang ia peroleh disaat lebih membutuhkan. 

یَوۡمَ تَجِدُ كُلُّ نَفۡسࣲ مَّا عَمِلَتۡ مِنۡ خَیۡرࣲ مُّحۡضَرࣰا 
"Pada hari (ketika) setiap jiwa mendapatkan (balasan) atas kebajikan yang telah ia kerjakan dihadapkan kepadanya." [Surat Ali 'Imran 30]


🖋️Abu Ali, BA.

Posting Komentar

0 Komentar