https://1.bp.blogspot.com/-p9TGyRJMvEY/XAN9eAD8N2I/AAAAAAAAAHE/2nYSpVmEIgMGXZHoB47cJ9hXuaf2dCa1wCPcBGAYYCw/s728/BANNER%2BDONASI.jpg

FAIDAH TAUHID DIDUNIA DAN AKHIRAT


🕌 *FAIDAH TAUHID DIDUNIA & AKHIRAT*

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹

_Tauhid yaitu mengesakan Alloh dalam ibadah._

*Tauhid adalah tempat berlindung bagi penentang dan pengikutnya.*

*Adapun para penentangnya:* Tauhid menyelamatkan mereka dari kesusahan dan bencana didunia.
Allah berfirman:

فَإِذَا رَكِبُواْ فِي ٱلۡفُلۡكِ دَعَوُاْ ٱللَّهَ مُخۡلِصِينَ لَهُ ٱلدِّينَ فَلَمَّا نَجَّىٰهُمۡ إِلَى ٱلۡبَرِّ إِذَا هُمۡ يُشۡرِكُونَ
_Maka tatkala mereka naik kapal mereka berdoa kepada Allah dengan memurnikan pengabdian hanya kepada-Nya; maka ketika Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, tiba-tiba mereka (kembali) mempersekutukan (Allah)._ (QS. Al-Anbiya': 65)

Orang-orang musyrikin dahulu ketika mereka berlayar dilautan dan terjadi badai yang mengancam keselamatan mereka, mereka pun mengikhlaskan doa hanya kepada Alloh. Akan tetapi ketika Alloh telah menyelamatkan mereka hingga kedaratan, mereka pun kembali berbuat syirik.

*Dan adapun pengikutnya:* maka tauhid menyelamatkan mereka dari bencana dan kesusahan didunia serta akhirat. Oleh karena itu Nabi Yunus ketika ditelan ikan berlindung dengan Tauhid dan Alloh menyelamatkannya. Begitu juga pengikut para rosul mereka berlindung dengan tauhid dan Alloh selamatkan mereka dari siksa yang menimpa kaum musyrikin didunia dan apa yang telah Alloh siapkan bagi mereka di Akhirat.

Dan kisah Firaun tatkala kebinasaan didepan matanya. Dia mendapati dirinya akan tenggelam, iapun segera berlindung dengan tauhid berteriak bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah melainkan Alloh. Akan tetapi ketika itu tidaklah bermanfaat baginya karena keimanan diwaktu kematian depan mata (ketika melihat malaikat maut) tidaklah diterima. Alloh berfirman menceritakan kisah tersebut: (artinya)

_"Dan Kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir'aun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga ketika Fir'aun hampir tenggelam berkatalah dia: "Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang muslim (berserah diri kepada Allah)"._
_Mengapa baru sekarang (kamu beriman), padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang yang berbuat kerusakan._
_Maka pada hari ini Kami selamatkan jasadmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami._ (QS. Yunus: 90-92)


Inilah Sunatullah pada hambaNya. Tidaklah kesukaran didunia ini dapat dicegah sebagaimana dengan tauhid. Oleh karena itu dahulu doa-doa dimasa kesukaran ialah dengan tauhid. Doa Dzun nun Nabi Yunus, tidaklah berdoa dengan tauhid melainkan Alloh selamatkan dari perut ikan.

Tidaklah masalah dan bencana besar melainkan sebab dari kesyirikan. Dan tidaklah penyelamat dari bencana serta kesukaran melainkan dengan tauhid.

Tauhid adalah tempat kembali untuk berlindung dari bencana, benteng dari musibah dan pertolongan dimasa kesulitan.

___________________
📔 _Sumber: Al-Fawaid karya Ibnul Qoyyim_

✍ _Abu Ali, BA._

Posting Komentar

0 Komentar