PUASA TAPI GAK SHOLAT


📔 *Puasa Tapi Gak Sholat*


🌙🕌🌙🕌🌙🕌🌙🕌🌙

Sholat adalah rukun islam ke dua. Sholat adalah tiangnya agama. Sholat adalah pembeda antara kita dengan mereka.

Pada hari kiamat kelak, Sholat adalah amalan yang akan pertama kali diperhitungkan sebelum puasa, zakat haji serta amalan yang lainny. Jika amalan sholat seseorang baik maka seluruh amalnya baik.

Jika amalan sholat seseorang baik niscaya dia akan beruntung dan selamat. Jika sebaliknya maka sungguh celaka dan merugi. 

Dari Anas bin Malik Rodhiyallohu 'anhu, Nabi Muhammad Shollallahu alaihi wa sallam bersabda:

أولُ ما يحاسبُ بهِ العبدُ يومَ القيامةِ الصَّلاةُ، فإنْ صَلَحَتْ، صَلَحَ سائِرُ عَمَلِه، وإنْ فَسَدَتْ فَسَدَ سائِرُ عَمَلِه

"Yang pertama kali dihitung dari seorang hamba pada hari kiamat adalah amalan sholat, maka apabila sholatnya baik, baik pula seluruh amalnya, dan jika sholatnya buruk maka buruklah seluruh amalnya” (Silsilah shohihah syaikh Al-Albani: 1358) 

Dan dalam riwayat yang lain, Dari Abu Hurairah Rodhiyallohu Anhu berkata: Aku mendengar Rosululloh صلى الله عليه وسلم bersabda:

( إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ ، فَإِنْ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ : انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنْ الْفَرِيضَةِ ؟ ثُمَّ يَكُونُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ ). 

“Sesungguhnya amalan seorang hamba yang pertama kali akan dihisap (dihitung) pada hari kiamat adalah sholatnya. Jika sholatnya baik, maka sungguh ia telah beruntung dan sukses. Sebaliknya, apabila sholatnya rusak maka sungguh ia telah celaka dan merugi. Kemudian jika ada Kekurangan dalam sholat wajibnya, Allah 'Azza wa jalla berkata kepada malaikat:  "lihatlah apakah hamba-Ku memiliki amalan sholat sunnah yang dapat menyempurnakan sholat wajibnya yang kurang!" Kemudian amalan-amalan lainnya diperlakukan demikian”(HR Tirmidzi, Abu Dawud & An-Nasa'i)


Jika demikian, maka betapa pentingnya sholat.

Meninggalkan sholat adalah dosa besar yang amat besar. Bahkan lebih besar dari dosa membunuh nyawa manusia, lebih besar dari dosa zina.

Mengingkari wajibnya sholat adalah kekufuran yang mengeluarkan dari agama dengan kesepakatan para ulama ahlussunnah. Dan jika meninggalkannya karena malas, para ulama berselisih pendapat apakah pelakunya dihukumi murtad keluar dari agama. Maka apakah seseorang rela menjadi muslim yang diperselisihkan keislamannya?

Mari kita jaga sholat kita.. 

✍ Abu Ali, BA.

Posting Komentar

0 Komentar