Pembelahan dada Rosululloh ﷺ | SIROH NABAWIYAH



📜 *SIROH NABAWIYAH*

🎙 _Pertemuan ke - 8 : Pembelahan dada Rosululloh ﷺ_

Ada beberapa riwayat yang menceritakan tentang kejadian pembelahan dada Rosululloh ﷺ, salah satunya hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim.

Dari Anas bin Malik _rodhiyallohu Ta’ala ‘anhu_, beliau berkata:

Bahwasanya Rosululloh ﷺ pernah didatangi Malaikat Jibril saat beliau sedang bermain dengan anak-anak lain. Lalu Jibril menggenggam beliau dan menjatuhkannya lalu membelah dadanya kemudian mengambil jantung dan mengeluarkan segumpal darah darinya, lantas Jibril berkata: “Ini adalah bagian syaithan darimu.” Kemudian jantung beliau dicuci oleh Jibril di sebuah tempayan yang terbuat dari emas dengan dibilas air zamzam, lalu dijahit kembali oleh Jibril setelah jantung itu dikembalikan ke tempatnya semula. Teman-teman beliau lari ke ibu persusuan beliau dan melaporkan: “Sesungguhnya Muhammad telah dibunuh.” Kemudian ibu persusuan Nabi segera menuju ke Nabi dan Nabi saat itu dalam keadaan pucat. Kata Anas: “Saya melihat bekas jahitan di dada Rosululloh ﷺ.” (HR. Imam Muslim)

Diantara faedah dari kejadian ini adalah :

1. Menandakan bahwasanya beliau sudah dipersiapkan untuk menjadi seorang Rosul.

2. Menandakan bahwa beliau ma'shum ( terpelihara dari dosa ) dari semenjak beliau kecil.

3. Tidak boleh mendahulukan akal daripada wahyu, secara logika manusia kejadian ini tidak masuk diakal, namun kejadian ini adalah wahyu, yang tugas kita wajib mengimaninya.

Wallahua'lam...

✍🏻 Amm Iqbal

📚 [ Diringkas dengan sedikit editan dari kitab Fiqh Siroh karya Syaikh Prof. Zaid bin Abdul Karim Az-Zaid _hafidzahullah_]

Posting Komentar

0 Komentar