KHOUF DAN ROJA' IBARAT 2 SAYAP BURUNG


☁ *KHOUF DAN ROJA' IBARAT 2 SAYAP BURUNG*

☁☁☁☁☁☁☁☁☁☁☁

Seorang hamba yang berjalan kepada Alloh hendaknya diantara Khouf (rasa takut) dan Roja'(penuh harap). Keduanya ibarat dua sayap bagi burung.

Beribadah, sholat, puasa, haji, umrah, sedekah dengan perasaan takut serta harap kepada Alloh.

Yaitu berharap RahmatNya dan takut terhadap siksaNya. Sehingga ia tidak berputus asa akan tetapi tidak juga merasa aman.

Dengan keduanya seorang hamba akan selalu bertakwa kepada Alloh Azza wa Jalla.

Alloh mengabarkan tentang keadaan para Rosul dan pengikutnya dalam firmanNya:

إِِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَبًا وَرَهَبًا
"Sungguh, mereka selalu bersegera dalam (mengerjakan) kebaikan, dan mereka berdoa kepada Kami dengan *penuh harap dan cemas.*" (Al-anbiya:90)

Alloh juga berfirman:

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ يَدْعُونَ يَبْتَغُونَ إِلَىٰ رَبِّهِمُ الْوَسِيلَةَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ وَيَرْجُونَ رَحْمَتَهُ وَيَخَافُونَ عَذَابَهُ إِنَّ عَذَابَ رَبِّكَ كَانَ مَحْذُورًا
"Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Robb mereka siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah). Mereka mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya. Sungguh, azab Tuhanmu itu sesuatu yang (harus) ditakuti.” (al isra: 57)

Ahli ilmu berkata:
wajib bagi seorang mukmin untuk seimbang antara Khouf dan roja'. Tidak hanya penuh harap saja sehingga merasa aman dari makar(Adzab) Alloh, dan tidak hanya rasa takut saja sehingga akan membuat putus asa dari rahmat Alloh. Akan tetapi keduanya harus seimbang.

Khauf dan Roja' bagi seorang mukmin ibarat dua sayap bagi burung. Apabila keduanya seimbang maka ia akan mampu terbang di udara dan jika salah satu bermasalah maka akan terjatuh karena tidak bisa terbang.
Begitu pula seorang mukmin, jika seimbang antara khouf dan roja' niscaya dapat berjalan menuju Alloh Subhanahu wa ta'ala. Dan jika bermasalah salah satunya niscaya akan terjadi masalah pada imannya.

✏ Abu Ali

Posting Komentar

0 Komentar