AWAS DIKETAWAIN SYAITHAN!!



📣 *Awas Diketawain Syaitan!!*
💤💤💤💤💤💤💤💤💤💤
Agama islam adalah agama yang sempurna dari segala sisinya, segala hal pun diatur dalam agama yang mulia ini. Terlebih dalam masalah adab dan sopan santun.
Dan diantara adab dalam kehidupan sehari-hari adalah perihal *menguap* .

Telah dijelaskan dalam sebuah hadits bahwa menguap adalah dari syaithan. Syaithan menyukainya dan menginginkannya karena menguap dapat membuat seorang menjadi berat melakukan sesuatu dan menjadi malas. 

oleh karenanya kita diperintahkan untuk menahannya semampu kita.
Dan jika tak tertahan hendaknya menutupnya dengan tangan karena sesungguhnya syaithan dapat masuk darinya.

Dan juga Nabi صلى الله عليه وسلم mengabarkan jika seorang menguap dan berkata "haaah" maka syaithan pun akan mentertawakannya.

Dari Abu Huroiroh رضي الله عنه dari Nabi صلى الله عليه وسلم beliau bersabda;
( التثاؤب من الشيطان ، فإذا تثاءب أحدكم فليرده ما استطاع ، فإن أحدكم إذا قال : " ها " ضحك الشيطان )
_"Menguap adalah dari syaithan, maka jika seorang diantara kalian menguap hendaknya ia melawannya (menahannya) semampunya, lalu jika seorang diantara kalian berkata "haah" maka syaithan tertawa." (HR. Bukhari & Muslim)_

Terlebih ketika sholat, hendaknya kita menghadap dengan penuh kekuatan, ketulusan dan 'Azimah (tekat yang kuat) sehingga tak muncul rasa kantuk dan menguap. Akan tetapi jika rasa itu muncul hendaknya kita menahannya sebagaimana yang telah Nabi Shollallohu  'alaihi wa sallam terangkan diatas serta berhenti sejenak dari bacaan sholat kita.

_Allohu a'lam_

🖊 _Abu Ali, Lc_

Posting Komentar

0 Komentar