MENGENAL ALLOH TA'ALA (1)


🕌 MENGENAL ALLOH TA'ALA (1)


🌻🌹🌻🌹🌻🌹🌻🌹🌻

*Jika kamu ditanya; siapa Robb-Mu?*
Robb-mu yang menciptakan, memberikan umur dan memberimu rizki?
Pertanyaan Ini adalah salah satu pertanyaan yang kita akan ditanya tentangnya didunia dan diakhirat. Maka wajib bagi kita untuk mengenal Robb kita dan kita harus mnjawabnya dengan jawaban yang benar yang dibangun diatas keyakinan dan dalil.

*Maka jawablah; Robb-ku adalah Alloh, Dia lah yang telah memeliharaku dan  memelihara seluruh alam dengan nikmat-nikmat-Nya.*
Alloh berfirman ;
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
_"Segala puji bagi Alloh Robb semesta alam”_

*Segala sesuatu selain Alloh adalah alam, dan aku adalah satu bagian dari alam tersebut.*

Dialah Robb yang menciptakan, memiliki, menguasai dan mengatur alam semesta.
Dialah Robb yang menjaga seluruh hamba-Nya, memberikan rizki, menciptakannya dari yang sebelumnya tidak ada, memberikan apa yang kita butuhkan, bahkan ketika kita masih berupa janin didalam gelapnya kandungan ibunda, setelah 120 hari ditiupkanlah ruh, lalu bergerak dan hidup dengan izin-Nya, inilah diantara pemeliharaan dikandungan, kemudian ketika lahir Alloh terus memelihara kita dengan nikmat-nikmatanya, nikmat kesehatan, mengalirkan air susu ibu, lalu bisa memakan makanan dan kitapun tumbuh dengan akal kita, pendengaran kita dan penglihatan kita, kita tumbuh sedikit demi sedikit sehingga menjadi kuat.

Segala sesuatu diatas muka bumi baik manusia maupun binatang didaratan maupun dilautan, dari makhluq terbesar hingga terkecil seluruhnya tumbuh dengan nikmat dan rizki dari-Nya.
وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا

_"Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya.”(Hud:6)_

Dan diantara nikmat-nikmat-Nya, diutusnya para rosul kepada manusia untuk menyampaikan petunjuk dari-Nya demi kebaikan dan kebahagiaan manusia didunia dan di akhirat. Inilah nikmat yang terbesar.

Nikmat Alloh sangatlah banyak sehingga tidak ada yang mampu menghitungnya.
وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ
_“Dan sekiranya kalian mencoba menghitung-hitung nikmat Alloh, niscaya kalian tidak dapat menghitungnya.”_ (Ibrahim: 34)

Setelah kita mengimani dan mengesakan Alloh didalam rububiyah-Nya( Perbuatan Alloh, seperti, menciptakan, mengatur, memberi rizki, dst), ini semua belumlah cukup, kita harus mengimani dan mengesakan Alloh didalam ubudiyah (beribadahan). Inilah yng membedakan antara Muwahhid (yang mengesakan Alloh) dan musyrik (yang menyekutukan Alloh). Maka kita mengatakan dan mengamalkan ;

*Dialah tuhan yang aku sembah dan tidak ada bagiku sesembahan  selain-Nya.*

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
_“Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.”_

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ۖ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ ۖ مَا مِنْ شَفِيعٍ إِلَّا مِنْ بَعْدِ إِذْنِهِ ۚ ذَٰلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ ۚ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ

_“Sesungguhnya Tuhan kamu Dialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy, Dialah yang mengatur segala urusan. Tidak ada yang dapat memberi syafaat kecuali setelah ada izin-Nya. Itulah Allah, Tuhanmu, maka sembahlah Dia. Apakah kamu tidak mengambil pelajaran?.”_ (Yunus:3)

*Yang menciptakan segala sesuatu lah yang berhak untuk disembah*

📚 Diambil dari kitab: _syarhu tsalaatsatul Ushuul, syaikh Muhammad Al-Utsaimin, Syaikh Sholih Al-Fauzan & Syaikh Sholih Alu Syaikh._

🏙 Jakarta.
📝 Ust Abu Ali, Lc.

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

Posting Komentar

0 Komentar