4 HAL YANG WAJIB DIPELAJARI


Ketahuilah -semoga Alloh merahmati kita semua- bahwasanya wajib bagi kita mempelajari 4 hal!

1. *Ilmu,* yaitu ilmu mengenal Alloh Ta'ala, ilmu mengenal Nabi Muhammad -Shollallohu 'Alaihi Wa Sallam- dan ilmu mengenal agama Islam beserta dalil-dalilnya.
Ilmu adalah lentera penerang dan petunjuk bagi pemiliknya kepada jalan yang benar, jalan yang diridhoi oleh sang Pencipta. Oleh karena itu, *ilmu sebelum berucap dan beramal.*

2. *Amal,* yaitu beramal dengan ilmu.
Ilmu tanpa amal tak ada gunannya, amal tanpa ilmu adalah kesesatan.
Ilmu tanpa amal ibarat pohon tak berbuah.
Ilmu tanpa amal adalah jalannya orang-orang yang dimurkai oleh Alloh, seperti orang Yahudi dan Amal tanpa ilmu adalah jalannnya orang-orang yang tersesat, seperti orang-orang Nashrani.

3. *Berdakwah,* yaitu mengajak manusia kepada ilmu dan amal. Dakwah adalah jalannya para Rosul.

4. *Sabar,* yaitu bersabar didalam tholabul ilmi (menuntut ilmu), bersabar didalam beramal, dan bersabar didalam berdakwah.
Kesabaran adalah kunci keberhasilan, kesabaran adalah jalan pertolongan.
Dan sesungguhnya Alloh bersama orang-orang yang bersabar. Dan sesungguhnya Alloh mencintai orang-orang yang bersabar.

Empat hal ini adalah jalan keluar dari stampel kerugian. Alloh berfirman ;
 وَالْعَصْرِ {1} إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ{2} إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ {3}
“Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman, dan beramal saleh, dan saling mewasiatkan kebenaran serta saling berwasiat untuk bersabar”. (Al ‘ashr : 1-3.)


Didalam surat diatas Alloh bersumpah, hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya dan betapa seriusnya pernyataan setelahnya, yaitu sesungguhnya seluruh manusia merugi, kecuali yang memiliki empat sifat, Yang pertama iman, dan iman tidaklah benar melainkan dengan ilmu, kedua amal shalih, ketiga saling mengajak kepada kebenaran yang maknanya berdakwah, dan yang keempat adalah saling menasehati dalam kesabaran.


Hidup adalah pilihan, memilih jalan keberuntungan atau jalan kerugian.
Maka, Tentukanlah jalan terbaiknya.

Posting Komentar

0 Komentar