SURAT YANG RINGKAS NAMUN NILAINYA BANYAK

 

_*Surat yang ringkas namun nilainya banyak*_
*Surat Al Ikhlash*
======================
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ   
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ [١]
اللَّهُ الصَّمَدُ [٢]
لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ [٣]
وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ [٤]

_"Katakanlah(Muhammad) : Dialah Alloh Yang Mahaesa._
_Alloh tempat meminta segala sesuatu._
_Alloh tidak beranak dan tidak pula diperanakkan._
_Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."_

ُّ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﺳَﻌِﻴﺪٍ ﺍﻟْﺨُﺪْﺭِﻱِّ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻗَﺎﻟ  َﻘَﺎﻝَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻷَِﺻْﺤَﺎﺑِﻪِ ﺃَﻳَﻌْﺠِﺰُ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﺃَﻥْ ﻳَﻘْﺮَﺃَ ﺛُﻠُﺚَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻓِﻲ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ ﻓَﺸَﻖَّ ﺫَﻟِﻚَ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢْ ﻭَﻗَﺎﻟُﻮﺍ ﺃَﻳُّﻨَﺎ ﻳُﻂِﻴﻖُ ﺫَﻟِﻚَ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟْﻮَﺍﺣِﺪُ ﺍﻟﺼَّﻤَﺪُ ﺛُﻠُﺚُ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ

_dari [Abu Sa'id Al Khudri] radliallahu 'anhu, ia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepada para sahabatnya: "Apakah salah seorang dari kalian tidak mampu bila ia membaca sepertiga dari Al Quran pada setiap malamnya?" dan ternyata para sahabat merasa kesulitan seraya berkata, "Siapakah di antara kami yang mampu melakukan hal itu wahai Rasulullah?" maka beliau pun bersabda: *"ALLAHUL WAAHID ASH SHAMAD"* (maksudnya surat al-ikhlash) nilainya adalah sepertiga Al Quran". (Shahih Bukhari)_

Surat al ikhlash adalah surat yang pendek ayatnya. Akan tetapi panjang faedahnya. Di dalamnya berisi tauhid kepada Alloh secara lengkap.
Bahwasanya kita hanya mengakui Alloh satu satunya sesembahan yang benar, hanya Alloh saja yang berhak kita ibadahi, dan juga berisi Asma(nama) Alloh yang agung yang wajib kita imani.

Yang kita diperintahkan untuk membaca surat Al ikhlash dalam banyak waktu sehari semalam termasuk setelah shalat lima waktu dan sebelum tidur dan lainnya.

Mulai sekarang marilah kita serius untuk mendalami Al-Qur'an, makna dan kandungannya agar kita mendapat berkah darinya terlebih dalam kesempatan yang mulia di bulan ramadhan ini.

Wabillahi tawfiq.

Posting Komentar

0 Komentar